CARA MEMASANG TCI MCI MARSU
TATA CARA PEMASANGAN MARSU IGNITER
DI MOBIL TIPE PENGAPIAN PLATINA
pastikan mengkonfirmasi penerimaan paket agar transaksi selesai
pihak ketiga gunanya untuk menjamin kaamanan transaksi.
jadi anda dapat barang dan saya dapat uang.. itu aman dan adil
garansi dan konsultasi dan penggantian tci dilakukan diluar toko online diatas, langsung ke WA saja, nomor tertera di casing TCI
- tapi bila barang online belum dikonfirmasi (dana blm masuk ke saya sebagai penjual) lalu dilakukan pemasangan dan terjadi masalah lalu pembeli meminta pengembalian barang lewat toko online, atau meminta perbaikan-
itu tidak adil karena hakekatnya itu barang masih milik saya dipinjam dirusak lalu dikembalikan.. kami pastikan tidak akan merespon
buat yg belum beli silahkan pelajari produk di http://marsuigniter.blogspot.co.id/
pemesanan silahkan WA 087821006764
TCI Marsu saat ini juga tersedia di Shopee
Double Power https://shopee.co.id/product/334706403/5062224221/
langsung saja kita mulai:
bagian yang paling berbahaya saya dahulukan krn bila langkah ini salah maka Mosfet Igniter langsung rusak
LOKASI KOTAK TCI
TCI tidak akan awet dan kuat bila dipasang di ruang mesin
"dingin berarti tenaga penuh dan awet" itu saja intinya..pendapat diluar itu 1000% salah
jangan berpikir tentang TCI tahan air karena itu juga bukan hal baik krn kedap air berarti jumlah udara di dlm casing terbatas sehingga seperti terjadi pada TCI abal-abal yaitu "panas dalam".. itulah mengapa TCI warna biru tidak diiklan kan..itu cuma untuk mengenang sejarah saja
saat standar produk Marsu dinaikkan maka yang ditawarkan adalah Double power dan Touring yg dipastikan dingin dan awet
jadi tempatkan kotak TCI di dalam kabin supaya proses pendinginan TCI maksimal dan terhindar dari air hujan ataupun saat cuci mobil
untuk mobil bermoncong dan pick up pasang kotak TCI di bawah dashboard
untuk minibus pasang kotak TCI di belakang kursi pengemudi
berikut ini contoh penempatan TCI Marsu
CATATAN:
PENDINGIN ALUMUNIUM SIRIP TIPE DOUBLE POWER JANGAN MENEMPEL KE BODY/RANGKA AGAR TCI AWET
SEDANGKAN TIPE TOURING KLEM/PAKU KELING/RIVET TIDAK BOLEH MENEMPEL KE BODY ATAU RANGKA
KALAU MENEMPEL TIDAK MENGAKIBATKAN PERCIKAN LISTRIK..CUMA MEMBUAT TCI TIDAK AWET
ada induksi listrik/ listrik semu (tdk menyengat kalo dipegang..aman) di pendingin yg bila dinetralkan ke body akan membuat mosfet dalam TCI menjadi berat saat bekerja
Colt T 120 ( lebih disarankan di bawah dashboard)
Katana
Kijang Super
starlet
Trooper
Jimny Katana
Carry 1000
catatan :
untuk pemasangan di mobil yg pengapiannya CDI akan dipandu langsung lewat WA karena ada perbedaan teknik pemasangan
saat memasang kabel2 tci bila ditumpuk maka pilih posisi paling atas dan usahakan supaya skun (ujung kabel) tergores saat mengencangkan mur/baut.. agar nyambung dengan sempurna
KABEL HIJAU HIJAU...HIJAU...HIJAU...HIJAU...HIJAU...
Lepas kabel yg ada di dinding delko,
- kabel kondensor/kondensator LEPAS biarkan menggantung
- kabel yg satunya lagi LEPAS DAN ISOLASI UJUNGNYA
karena berpotensi konslet ke body dan merusak irama
pengapian (Kabel ini mengarah ke negatip coil)
KABEL BIRU..BIRU..BIRU..BIRU..BIRU..BARU..
Tidak banyak yg perlu dibahas mengenai kabel biru
kabel biru dipasang di negatip coil tanpa melepas kabel yg sudah ada
JANGAN LANGSUNG DI STATER..
Untuk memastikan semua pemasangan sudah benar maka fotolah penempatan setiap kabel lalu Kirim ke WA 087821006764 untuk dianalisa
GARANSI 3 BULAN TIDAK BERLAKU UNTUK PEMASANGAN YG 100% MANDIRI TANPA DIARAHKAN ATAU DIANALISA LEWAT WA 087821006764
jika bertemu coil seperti dibawah ini..untuk yg awam pasti bingung mencari dimana "- coil" nya.. biasanya di zebra / espass / starlet ini caranya
1. temukan sambungan kabel dari kondensor biasanya plastik berwarna hijau
lalu cabut sambungan itu.. lepas juga kabel dari kondensor menuju delko
2. pasang kabel2 seperti gambar di bawah ini
KABEL BIRU DISELIPKAN KE SAMBUGAN YG DICABUT TADI ..
pertanyaan yg sering muncul adalah
" lobang di Double Power antara kabel dan lampu gunanya untuk apa?"
saya jawab disini:
gunanya adalah tempat untuk mengambil arus listrik kl TCI mau ditambah kipas, (positip di bagian tengah)
Foto milik Bpk Nur Hadi di mobil Hijet
PANTANGAN SETELAH TCI TERPASANG
1. Dilarang keras mengecek api dengan cara mengkonsletkan negatip coil ke body
ini sangat sering terjadi dan langsung membuat TCI cacat atau mati, biasanya dilakukan oleh montir (ingat ya montir dan teknisi itu berbeda)
>>>>> jadi disarankan kl mobil mau dibawa ke bengkel TCI dilepas aja dulu, atau minimal jelaskan bahwa udah pake TCI dan ada pantangan diatas tadi
...................Semoga Bermanfaat.................
langsung saja kita mulai:
bagian yang paling berbahaya saya dahulukan krn bila langkah ini salah maka Mosfet Igniter langsung rusak
LOKASI KOTAK TCI
TCI tidak akan awet dan kuat bila dipasang di ruang mesin
"dingin berarti tenaga penuh dan awet" itu saja intinya..pendapat diluar itu 1000% salah
jangan berpikir tentang TCI tahan air karena itu juga bukan hal baik krn kedap air berarti jumlah udara di dlm casing terbatas sehingga seperti terjadi pada TCI abal-abal yaitu "panas dalam".. itulah mengapa TCI warna biru tidak diiklan kan..itu cuma untuk mengenang sejarah saja
saat standar produk Marsu dinaikkan maka yang ditawarkan adalah Double power dan Touring yg dipastikan dingin dan awet
jadi tempatkan kotak TCI di dalam kabin supaya proses pendinginan TCI maksimal dan terhindar dari air hujan ataupun saat cuci mobil
untuk mobil bermoncong dan pick up pasang kotak TCI di bawah dashboard
untuk minibus pasang kotak TCI di belakang kursi pengemudi
berikut ini contoh penempatan TCI Marsu
CATATAN:
PENDINGIN ALUMUNIUM SIRIP TIPE DOUBLE POWER JANGAN MENEMPEL KE BODY/RANGKA AGAR TCI AWET
SEDANGKAN TIPE TOURING KLEM/PAKU KELING/RIVET TIDAK BOLEH MENEMPEL KE BODY ATAU RANGKA
KALAU MENEMPEL TIDAK MENGAKIBATKAN PERCIKAN LISTRIK..CUMA MEMBUAT TCI TIDAK AWET
ada induksi listrik/ listrik semu (tdk menyengat kalo dipegang..aman) di pendingin yg bila dinetralkan ke body akan membuat mosfet dalam TCI menjadi berat saat bekerja
Colt T 120 ( lebih disarankan di bawah dashboard)
Katana
Kijang Super
starlet
Trooper
Jimny Katana
Carry 1000
catatan :
untuk pemasangan di mobil yg pengapiannya CDI akan dipandu langsung lewat WA karena ada perbedaan teknik pemasangan
saat memasang kabel2 tci bila ditumpuk maka pilih posisi paling atas dan usahakan supaya skun (ujung kabel) tergores saat mengencangkan mur/baut.. agar nyambung dengan sempurna
KABEL HIJAU HIJAU...HIJAU...HIJAU...HIJAU...HIJAU...
Lepas kabel yg ada di dinding delko,
- kabel kondensor/kondensator LEPAS biarkan menggantung
- kabel yg satunya lagi LEPAS DAN ISOLASI UJUNGNYA
karena berpotensi konslet ke body dan merusak irama
pengapian (Kabel ini mengarah ke negatip coil)
kabel yg saya tandai biru adalah kabel yg cukup dilepas saja
(kebetulan di foto terpasang 2 kondensor)
kabel yg saya tandai merah dilepas dan harus diisolasi ujungnya
Pasang kabel hijau
-setelah dinding delko kosong selanjutnya pasang KABEL
HIJAU SENDIRIAN..SENDIRIAN..SENDIRIAN..
INGAT... TIDAK BOLEH ADA KABEL LAIN DI DINDING DELKO
setelah itu buka tutup delko dan lihat keadaan nya,
saat memasang kembali jgn salah posisinya, sabit rotor jgn lupa dipasang kembali
---------------------------------------------------------------
KABEL HITAM..HITAM..HITAM..HITAM..
- Tempatkan kabel hitam ke negatip aki atau body
untuk pemasangan di negatip aki adalah posisi terbaik, jika
dipasang di body atau rangka pastikan lokasi diamplas dan pasang
kabel hitam di posisi paling atas.. pastikan skun kabel
tergores baut saat pemasangan supaya nempel sempurna
dah begitu saja..saja..saja..saja..
KABEL MERAH..MERAH..MERAH..
Bila coil kaki 2 tanpa resistor kotak putih maka posisi kabel merah di + coil tanpa melepas kabel yg sudah ada
Bila coil kaki 2 dengan resistor kotak
posisi kabel merah di kaki resistor yg tidak tersambung ke coil dgn catatan resistor itu kedua kakinya ada kabelnya (difungsikan)
Bila coil kaki 3
kabel merah ditempatkan "dulu" di B coil
NB: nanti setelah beres pemasangan coba dites jalan dan sebelum pulang pindahkan ke + coil lalu bandingkan mana yg lebih kuat stater dan larinya
maka yg kuat itu lah yg dilanjutkan
(ini terjadi krn montir sering asal-asalan dalam pemasangan coil sehingga B sering ga difungsikan atau terrbalik dgn +
catatan khusus :
untuk kabel merah TCI bila dipasang di mobil kijang super dan kijang yg seangkatannya..
kabel merah TCI ikutin posisi kabel di coil yg berwarna hitam strip kuning karena kabel itulah sumber tegangan setelah keluar dari kunci kontak
KABEL BIRU..BIRU..BIRU..BIRU..BIRU..BARU..
Tidak banyak yg perlu dibahas mengenai kabel biru
kabel biru dipasang di negatip coil tanpa melepas kabel yg sudah ada
JANGAN LANGSUNG DI STATER..
Untuk memastikan semua pemasangan sudah benar maka fotolah penempatan setiap kabel lalu Kirim ke WA 087821006764 untuk dianalisa
GARANSI 3 BULAN TIDAK BERLAKU UNTUK PEMASANGAN YG 100% MANDIRI TANPA DIARAHKAN ATAU DIANALISA LEWAT WA 087821006764
jika bertemu coil seperti dibawah ini..untuk yg awam pasti bingung mencari dimana "- coil" nya.. biasanya di zebra / espass / starlet ini caranya
1. temukan sambungan kabel dari kondensor biasanya plastik berwarna hijau
lalu cabut sambungan itu.. lepas juga kabel dari kondensor menuju delko
2. pasang kabel2 seperti gambar di bawah ini
KABEL BIRU DISELIPKAN KE SAMBUGAN YG DICABUT TADI ..
pertanyaan yg sering muncul adalah
" lobang di Double Power antara kabel dan lampu gunanya untuk apa?"
saya jawab disini:
gunanya adalah tempat untuk mengambil arus listrik kl TCI mau ditambah kipas, (positip di bagian tengah)
Foto milik Bpk Nur Hadi di mobil Hijet
PANTANGAN SETELAH TCI TERPASANG
1. Dilarang keras mengecek api dengan cara mengkonsletkan negatip coil ke body
ini sangat sering terjadi dan langsung membuat TCI cacat atau mati, biasanya dilakukan oleh montir (ingat ya montir dan teknisi itu berbeda)
>>>>> jadi disarankan kl mobil mau dibawa ke bengkel TCI dilepas aja dulu, atau minimal jelaskan bahwa udah pake TCI dan ada pantangan diatas tadi
2. Bila sudah berjalan dan tiba tiba pengapian hilang jangan kuatir TCI rusak karena TCI umur pakainya lebih panjang dari coil,
ganti coil saja karena coil sudah tidak mampu lagi mengimbangi dorongan TCI tp kalau darurat lepas saja TCI nya dan biarkan coil bekerja secara alakardarnya (tanpa TCI) sampai ada coil baru, kalau dengan coil baru TCI tidak berfungsi baru hubungi saya lewat WA
jadi kalau ada yang WA saya dengan kalimat seperti ini
"Mas TCI nya rusak, kalau tanpa TCI jalan normal"
itu berarti anda tidak membaca panduan dengan benar, dan sudah jelas berbeda antara normal dan super.. sementara saya menyebutnya "jalan alakadarnya"
...................Semoga Bermanfaat.................
Saya sudah pasang Tci selama 2 THN,untuk ngecek Tci masih bagus atau tidaknya bagaimana ya?
BalasHapusSelama tdk "brebet" berarti tci sehat.. kl ada brebet coba dengan coil lain yg sehat. Tci untuk pemakaian wajar lebih awet dari coil. Biasanya kl coil udah melemah akan drop kl didorong tci tp tanpa tci masih bisa jln.
HapusSaya sdah pasang tci , tp akhir akhir ini coil cepat panas dan mobil ndut ndutan atau brebet
HapusApa krn tci atau coil
Hapuscoil yg sudah lemah tidak kuast menerima dorongan TCI..itu yg paling sering terjadi bila tci dipasang bersama coil yang udah lama dipakai
Hapustci lebih panjang masa pakainya dibanding coil jd kemungkinan besar coilnya minta diganti
HapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusmaaf saya sarankan untuk pertanyaan silahkan lewat WA 087821006764 agar cepat saya respon
BalasHapusutk pemasangan TCI pada mobil yg pengapian nya sudah CDI apakah ada gambar dan tutorialnya,coil masih bawaan espass 1,5,,,,
BalasHapus